Anggrek Hitam Asli Indonesia

Anggrek hitam tidak benar-benar hitam tetapi mereka terlihat seperti hitam karena warna biru gelap mereka. Banyak pencinta tanaman hias dan profesional menanam anggrek hitam di kebun mereka. habitat asli anggrek hitam berada didalam hutan hujan Kalimantan, Semenanjung Malaya dan Sumatera.

Anggrek Hitam Asli Indonesia

Anggrek Indonesia terkenal hingga ke seluruh dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah anggrek hitam (Coelogyne pandurata). Anggrek hitam Kalimantan sudah lama dikenal dunia, namun ternyata Indonesia juga punya anggrek hitam lain yang tak kalah langka, yakni anggrek hitam Papua.

Anggrek hitam dari Papua ini sangat langka. Tak heran bunga jenis ini menjadi anggrek paling dicari oleh kolektor tanaman hias. Harganya di pasaran sangat fantastis, mencapai ratusan juta rupiah.

Anggrek Hitam Asli Indonesia

Secara fisik, bunga satu ini sangat berbeda dari jenis anggrek yang lain, terutama soal warna. Ya, seperti namanya, anggrek hitam ini warnanya memang benar-benar gelap. Hampir seluruh kelopaknya berwarna hitam di dalam dan luarnya. Tapi, di bagian tengah, bunga ini memiliki warna yang berbeda. Kadang ungu, kadang agak merah terang. Alhasil, perpaduan warna ini menimbulkan kombinasi yang elegan sekali.

Namun karena pencarian akan anggrek hitam sangat banyak, anggrek hitam dialam saat ini sangat terbatas. Dan untuk jenis anggrek hitam papua merupakan salah satu flora yang paling sulit dikembang biakan, proses perkembang biakannya harus sesuai dengan habitat aslinya dan tingkat keberhasilannya sekitar 20-30 persen untuk menghasilkan bibit baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *