7 Jenis Bunga Anggrek Yang Bisa Ditemui Di Indonesia

7 Jenis Bunga Anggrek Yang Bisa Ditemui Di Indonesia

Keindahan bunga anggrek memang sudah mendunia. Saking indahnya, bunga anggrek sampai dijadikan judul sebuah lagu jadul. Meski banyak jenisnya, anggrek yang tenar ketika itu adalah anggrek bulan. Jenis bunga anggrek di dunia ini ada ribuan bahkan puluhan ribu. Sekitar 5000 hingga 6000 jenis bunga anggrek dapat ditemui di negeri tercinta kita ini.

Itu artinya satu per enam dari keseluruhan jenis bunga anggrek ada di Indonesia. Diantaranya ada beberapa jenis bunga anggrek yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Saat ini sudah banyak jenis bunga anggrek yang habitat aslinya sudah terancam punah. Berikut 7 bunga anggrek yang bisa anda temui di indonesia.

Bunga anggrek hitam (Coelogyne pandurata)

Coelogyne pandurata ditemukan di Malaysia, Sumatera, Kalimantan dan Filipina sebagai tumbuhan berukuran besar, banyak ditemukan di pohon-pohon besar di dekat sungai. Bunga-bunga yang secara bersamaan membuka sangat harum madu tetapi masa hidupnya singkat.

Paphiopedilum robinsonianum

Paphiopedilum robinsonianum adalah spesies anggrek sandal yang banyak terdapat di Sulawesi, Indonesia, di mana hal ini diketahui dari dua gunung di Kabupaten Sulawesi Tengah. Gunung ini dibatasi untuk habitat hutan pegunungan tropis pada ketinggian sekitar 1400 meter.

Calanthe pulchra

Anggrek ini ditemukan di Laos, Thailand, Kalimantan, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatera di hutan lembab pada ketinggian 130-1.700 meter. Jenis ini merupakan anggrek dengan ukuran sedang hingga besar.

Dendrobium amboinense (the Amboin Island dendrobium)

Dendrobium Amboinense atau dendrobium Amboin Island, adalah anggrek berbunga di dataran rendah dari subtribe Dendrobiinae. Spesies ini banyak ditemukan di pulau Ambon dan pulau-pulau terdekat di Laut Banda, Indonesia.

Abdominea minimiflora

Abdominea minimiflora atau Abdominea berbunga kecil, adalah spesies epifit anggrek monopodial sangat langka dan satu-satunya spesies dari marga Abdominea monospecific. Bunga ini disebarkan dari Thailand ke Semenanjung Melayu, Jawa, dan Filipina.

Anggrek Bulan Bintang

Sekarang muncul anggrek bulan bintang. Tentu saja ada alasannya, mengapa nama anggrek bulan bintang melekat padanya. Anggrek ini punya lima buah kelopak yang berbentuk mirip bintang. Lalu di tengahnya persis seperti bulan. Warnanya sangat indah dan menawan sehingga banyak yang menyukai jenis anggrek bulan bintang.

Anggrek Hartinah

Nama Hartinah diambil dari nama seorang ibu negara, tak lain mendiang Ibu Tien Soeharto. Beliau berjasa besar mengembangkan tanaman anggrek hartinah ini. Anggrek hartinah ditemukan oleh Rusdi E.Nasution pada tahun 1976. Nama ilmiahnya adalah Chimbidium hatinahianum. Bunga anggrek ini didominasi ungu dengan gradasi krem. Bentuk dan ukurannya sama seperti bunga anggrek pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *