5 Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek Bulan Di Dalam Pot

5 Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek Bulan Di Dalam Pot

Tanaman yang hidup dengan menempel pada tanaman lain ini menjadi sangat cantik jika bunganya mekar. Bunga ini dominan berwarna putih dan beberapa warna lain yang juga menarik. Untuk mendapatkan banyak bunga yang bermekaran dari tangkai-tangkai bunganya maka anggrek harus diperlakukan dengan benar.  Banyak wanita yang menyukai kecantikan bunga ini bahkan berkat kecantikan bunga ini membuatnya dijadikan sebagai bunga nasional Indonesia.

Untuk menanam Bunga Anggrek, anda tidak harus menggunakan pot karena tanaman anggrek bisa menempel pada tanaman lain. Namun untuk mendapat hasil budidaya yang maksimal, tentunya Anda harus menggunakan pot tersendiri. Bagi para pecinta bunga pasti merasa belum lengkap kalau tidak mengoleksi bunga anggrek bulan.

Budidaya bunga  ini terbilang cukup mudah apalagi bunga ini bisa tumbuh di berbagai iklim. Budidaya bunga ini bisa dilakukan dengan cara alami namun ada juga yang memerlukan teknik tertentu. Indonesia terkenal di dunia karena memiliki bunga anggrek dengan jenis paling banyak yaitu sekitar 3500 spesies yang didapat dari hasil kawin silang. Berikut cara mudah menanam bunga Anggrek di dalam pot.

Jaga Kelembapan Anggrek

Walaupun anggrek lebih suka hidup di tempat kering, namun penyiramannya harus tetap teratur agar anggrek tumbuh dengan baik. Harus tetap Anda ingat, jumlah air yang berlebihan bisa merusak tanaman ini karena anggrek bulan hanya bisa menerima tingkat kelembaban maksimum sebesar 70%. Media tanam yang terlampau basah dapat menyebabkan anggrek membusuk karena jamur atau bakteri pada media tanam semakin berkembang.

Jagalah Sirkulasi Udara

Hembusan angin yang pas (tidak terlalu kencang) dapat memacu pertumbuhan tanaman anggrek bulan sehingga bunga tersebut akan mekar dengan sempurna. Hembusan angin juga dapat menjaga kondisi suhu dan kelembaban lingkungan. Jika sirkulasi udara di tempat pemeliharaan anggrek kurang baik, maka Anda memasang kipas angin untuk menggantikan hembusan angin alami.

Durasi Penyiraman Harus Tepat

Untuk penyiraman anggrek bulan sebaiknya dilakukan 2 atau 3 kali sehari saat udara sedang panas (kemarau). Cara penyiraman yang baik adalah penyiraman diarahkan langsung ke akar dengan menggunakan air bersih pada pagi dan sore hari. Jangan pernah gunakan air kotor untuk menyiram anggrek.

Batang Bunga Anggrek

Selanjutnya, cara budidaya anggrek bulan adalah dengan mengecek batang bunga anggrek. Ada beberapa tanaman anggrek yang memiliki batang yang tinggi. Agar batang tersebut tidak mudah roboh, Anda bisa menggunakan tiang penyangga pada batang. Tiang penyangga ini gunanya untuk memastikan batang anggrek tetap bisa berdiri tegak.

Menempatkan pada suhu yang tepat

Anggrek akan tumbuh dengan baik pada lokasi yang mempunyai suhu sekitar 14 derajat celcius hingga 36 derajat celcius. Rahasia paling utama agar anggrek bulan dapat tumbuh segar setiap saat adalah dengan menjaga suhunya agar tetap terjaga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *