Kalathea

kalathea

Kalathea

kalathea merupakan spesies tanaman yang berasal dari Amerika Selatan (Kolombia dan Venezuela) banyak digunakan sebagai tanaman rumahan atau tanaman indoor. Tanaman ini mempunyai rimpang di bawah tanah. Tumbuhan ini memiliki daun-daun yang sangat cantik, tanaman tumbuh dalam rumpun.

Tanaman yang merupakan tanaman rimpun jadi dalam pembibitannya dapat dilakukan dengan memisahkanrumpun bibit dari rumpun induknya. Pilihlah tanaman rumpun yang sehat dan tidak terserang hama dan penyakit. Pisahkan rumpun anakan dengan rumpun induk dengan hati-hati selanjutnya letakan sementara bibit ditempat yang lembab dan basah. Apabila kita akan menanam tanaman ini harus disiapkan media berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau dengan perbandingan 1:1 kemudian aduk hingga media tanam tercampur merata, jika sudah siap kemudian tanam bibit sedalam 5 cm sampai 10 cm.

Kalathea terkenal dengan tanam hias yang memiliki dau yang sangat dekoratif. tanaman ini sering disebut sebagai prayer plant terdiri dari lusinan species yang memiliki penampilan daun-daun cantik baik dari segi warna dan motifnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh mencapai ketinggian maksimal 30 samapai dengan 50 cm, ada beberapa tanaman dedaunan ini yang sangat populer di kalangan pencinta tanaman hias, berikut daftarnya

Calathea Makoyana

kalathea
Calathea makoyana atau tanaman merak ini daunnya sangat indah seperti bulu merak, berasal dari Brazil dan tingginya bisa mencapai 60 cm. Tanaman ini sangat baik hidup dilingkungan yang lembab, embun menjadi metoda penyiraman terbaik meskipun bisa saja disiram tapi kandungan fluride pada air dapat merusak keindahan daunnya, siram tanahnya saja sudah cukup. Simpan di tempat ang tidak terkena matahari langsung suhu ideal ialah 15.5-24 derajat Celsius.

Calathea Roseopicta

kalathea
Tanaman hias daun indah ini memiliki bawah daun yang berwarna ungu dan atas daunnya bercorak sangat indah. Seperti jenis jenis calathea lainnya tanaman ini relatif mudah untuk dirawat. Calathea sangat baik dijadikan tanaman indoor, daunnya bisa tumbuh selebar 75cm dan dapat muncul bunga putih dan ungu kecil yang menjadi lebih sedap dipandang mata. Seperti yang anda ketahui sebelumnya, calathea jenis ini juga tidak suka disimpan dibawah sinar matahari langsung suhu yang ideal 18-24 derajat Celsius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *